Kuliner Tradisional Banjarmasin Yang Memiliki Cita Rasa Yang Gurih Dan Nikmat

Banjarmasin, ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia, memiliki kuliner tradisional yang kaya rasa dan variasi.

Hidangan Tradisonal Banjarmasin

Beberapa hidangan khas Banjarmasin yang patut dicoba antara lain:

  1. Soto Banjar

    • Soto Banjar adalah varian soto khas Banjarmasin yang terkenal. Kuahnya kental dan kaya rempah, dan sering disajikan dengan ketupat dan daging sapi yang lembut. Soto Banjar adalah soto khas Banjarmasin yang memiliki kuah kental dengan rempah-rempah yang khas. Biasanya disajikan dengan ketupat dan daging ayam atau daging sapi.
  2. Sate Banjar

    • Sate Banjar adalah sate khas Banjarmasin yang dibuat dari daging sapi atau daging kerbau yang disajikan dengan saus kacang kental dan bumbu khas Banjar. Sate Banjar terkenal dengan saus kacangnya yang kental dan berbumbu. Daging yang digunakan bisa berupa daging sapi atau daging ayam.
  3. Ketupat Kandangan

    • Ketupat Kandangan adalah hidangan khas Banjar berupa ketupat yang dimasak bersama ikan, kelapa, dan bumbu khas Banjar. Hidangan ini memiliki cita rasa gurih dan pedas. Ketupat Kandangan adalah hidangan tradisional Banjarmasin berupa ketupat yang dimasak bersama ikan, kelapa, dan bumbu khas Banjar.
  4. Lulah Ceker

    • Lulah Ceker adalah hidangan yang terbuat dari ceker ayam yang dimasak dengan bumbu khas Banjar. Rasanya gurih, manis, dan sedikit pedas. Lulah Ceker adalah hidangan khas Banjarmasin yang terbuat dari ceker ayam yang dimasak dengan bumbu kaya rempah. Rasanya gurih dan pedas.
  5. Patin Bakar

    • Patin Bakar adalah hidangan ikan patin yang dibakar dengan balutan bumbu khas Banjar. Ikan patin yang digunakan memiliki daging yang lembut dan rasanya nikmat.
  6. Kebuli Bungas

    • Kebuli Bungas adalah hidangan nasi kebuli khas Banjar yang disajikan dengan daging sapi dan rempah-rempah. Nasi kebuli ini disebut “bungas” karena warnanya yang berasal dari bumbu kunyit. Nasi Kuning Banjar adalah hidangan nasi kuning khas Banjarmasin yang biasanya disajikan dengan lauk-pauk seperti ayam goreng, telur, dan sambal.
  7. Kampuh

    • Kampuh adalah hidangan yang terbuat dari daging kerbau atau sapi yang dimasak dengan santan dan bumbu khas Banjar. Kuahnya yang kental dan bumbu rempah membuatnya memiliki cita rasa yang khas.
  8. Tapai Pulut

    • Tapai Pulut adalah makanan ringan tradisional Banjarmasin yang terbuat dari pulut (ketan) yang difermentasi. Tapai ini biasanya disajikan bersama dengan pisang atau kelapa parut.
  9. Coto Mangkasara

    • Coto Mangkasara adalah hidangan bubur berkuah khas Banjarmasin yang terbuat dari campuran daging sapi, jeroan, dan bumbu rempah yang diolah dengan kuah yang kental.
  10. Buras

    • Buras adalah makanan tradisional yang terbuat dari ketan yang dibungkus daun pisang dan dikukus. Biasanya disajikan dengan hidangan berkuah seperti gulai ikan atau ayam.
  11. Tuturuga

    • Tuturuga adalah hidangan soto khas Banjarmasin yang menggunakan tulang kepala sapi atau kerbau sebagai bahan utama. Kuahnya kental dan memiliki rasa yang khas.

Baca Juga : Rekomendasi Kuliner Indonesia Paling Mendunia

Hidangan-hidangan ini mencerminkan kekayaan budaya dan kuliner Banjarmasin yang unik. Jika Anda berkunjung ke Banjarmasin, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner tradisionalnya.

kuliner khas banjarmasinmakanan khas banjarmasin