15 Makanan Khas Jawa Barat Paling Favorit Dan Pastinya Enak !

Makanan khas jawa barat – Wilayah jawa barat sendiri terkenal akan tempat wisata nya yang menyejukkan tubuh. Bukan hanya kawasan puncak pass saja tetapi ada juga kebun teh di bogor yang bisa menjadi alternatif. Namun di balik itu semua salah satu yang menjadi favorit wisatawan ialah makanan tradisional nya. Makanan khas jawa barat sendiri sangat beragam mulai dari yang gurih, manis, asin sampai yang pahit. Tidak sampai di situ saja, tetapi dari segi bahan baku, tekstur dan juga cara masak membuat setiap makanan khas jawa barat memiliki keunikan masing-masing. Dan juga kebanyakan dari makanan tradisional berasal dari jawa barat ini harga nya terjangkau dan mudah di temukan. Namun dengan semua kelebihan yang sudah kami sebutkan di atas agak sulit menemukan makanan enak yang cocok. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini kami akan membahas…

15 Makanan Khas Jawa Barat Paling Favorit Dan Pastinya Enak !

1. Kue Balok

Kue Balok

Alasan kenapa makanan khas jawa barat ini di namakan seperti itu adalah karena bentuknya yang seperti persegi panjang. Dari tampilannya saja sudah membuat ngiler dan ingin langsung mencicipi makanan enak ini. Kue Balok merupakan makanan tradisional yang terbuat judi bola resmi dari tepung terigu yang di campurkan dengan gula, telur, garam dan bahan kue pada umumnya. Yang membuat makanan enak ini spesial adalah kue balok ini di bentuk dengan cetakan yang bernama cetakan bandros. Kue balok ini juga cocok untuk di makan dengan minuman hangat seperti teh hangat dan kopi, yang pastinya membuat makanan sehat ini sangat nikmat. Dengan harga Rp.3.000-4.000 saja anda bisa menikmati sepotong kue balok lumer ini.

2. Baso Aci

Baso Aci

Makanan khas jawa barat yang selanjutnya adalah yang paling terkenal di tanah jawa khususnya bandung. Baso Aci sendiri terbuat dari bahan yang sesuai namanya yaitu tepung aci atau tepung sagu. Banyak sekali makanan enak berasal dari jawa barat dengan bahan ini, salah satunya adalah baso aci yang akan kita bahas. Cara pembuatan makanan sehat ini adalah dengan mengadon tepung sagu dengan bahan-bahan seperti garam, gula dan juga telur, dan bentuk seperti bakso. Adonan yang sudah jadi kemudian di kukus kedalam panci. Anda bisa langsung memakan baso aci dengan campuran bumbu kacang ataupun saos sambal atau kecap sesuai selera anda. Bisa juga anda menggoreng makanan tradisional ini agar mendapatkan sensasi yang lebih nikmat dan lezat. Dengan harga Rp.10.000-15.000 anda bisa menikmati semangkuk baso aci

3. Nasi Timbel

Nasi Timbel

Makanan khas jawa barat ketiga ini berasal dari daerah bandung ini terlihat sangat meriah dan pasti bikin kenyang. Nasi Timbel biasanya berisikan ayam goreng, sambel terasi, lalapan seperti mentimun tomat dan selada, kemudian tempe dan tahu goreng. Nasi timbel sangat cocok untuk anda jadikan sebagai sajian jika ada tamu yang datang. Biasanya nasi timbel dapat anda mudah temukan di daerah-daerah sekitar bandung saat malam hari. Anda bisa menikmati makanan enak dari bandung ini dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.15.000-20.000 saja untuk seporsinya.

4. Rujak Cuka

Rujak Cuka

Dari tampilannya saja kita sudah ketahui bahwa makanan khas jawa barat memiliki cita rasa yang pedas dan asam. Cuka merupakan bahan utama untuk membuat kuah dari rujak cuka, selain itu juga menggunakan kacang tanah dan juga garam serta gula. Berisikan sayur-mayur segar seperti wortel, tauge, mentimun, bengkoang, dan kubis membuat makanan enak ini sangat menyehatkan jika anda konsumsi. Tak lupa juga cabe merah tanjung untuk membuat cita rasa pedas yang bikin ketagihan. Untuk seporsi rujak cuka anda harus merogoh kocek sekitar Rp.6.000-10.000 untuk seporsinya.

5. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Dengan perpaduan lauk dan nasi bercampur oncom membuat nasi tutug oncom sangatlah menggoda selera makan. Makanan khas jawa barat yang berisikan ayam, kerupuk, lalapan seperti selada dan mentimun, juga jangan ketinggalan sambal terasi. Sekilas makanan enak ini terlihat seperti nasi timbel namun kedua nya memiliki perbedaan. Beda nya yaitu pada nasinya, yang di mana nasi tutug oncom menggunakan nasi yang di campur dengan oncom sedangkan timbel hanya nasi putih biasa.  Dengan mengeluarkan uang Rp. 15.000-20.000 saja anda sudah bisa menikmati nasi tutug oncom ini.

6.  Seblak

Seblak

Dengan bahan dasar krupuk yang di rebus, menjadikan makanan khas jawa barat ini sangat di gemari terutama bagi perempuan. Seblak, seperti yang sudah di sebutkan menggunakan krupuk mentah yang di rebus hingga lembek dan kemudian di masak dengan cara di tumis. Biasanya seblak menggunakan cabai, telur, caisim atau bayam sebagai bahan tumisan nya. Tak ketinggalan juga biasanya sebagai pelengkap seblak menggunakan bakso, sosis, dan potongan daging ayam. Hanya dengan Rp.8.000-12.000 saja anda sudah bisa menikmati seporsi seblak.

7. Gemblong

Gemblong

Makanan ringan Bahan dasar dari pembuatan makanan khas jawa barat ini adalah tepung ketan putih yang dicampur dengan kelapa muda parut dan santan sampai menjadi adonan. Tidak hanya sampai situ saja, setelah di adonan tersebut jadi gemblong juga butuh isian pelapis dengan bahan gula merah, gula pasir, dan daun pandan untuk menambah cita rasa nya. Dengan harga Rp.1.500-2.000 anda sudah bisa mencicipi sebuah gemblong yang manisnya unik ini.

8. Ambokueh

Ambokueh

Sekilas tampilan dari makanan khas jawa barat ini mirip dengan pempek, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Ambokueh memiliki isian yang beragam di banding pempek seperti telur rebus, sosis, dan juga mentimun. Bahan dasar pembuatan ambokueh adalah tepung beras sedangkan pempek dengan tepung sagu.  Dengan di siram kuah manis berbahan singkong dan ngohiong, membuat ambokueh memiliki cita rasa yang bikin ketagihan. Dengan uang sekitar Rp. 25.000-30.000 per porsi ambokueh. Kabar buruknya makanan enak ini agak sulit di temukan karena sudah jarang yang menjual.

9. Colenak

Colenak

Dengan bahan dasar tape singkong, makanan khas jawa barat ini memiliki rasa yang pasti bikin kamu ingin coba lagi dan lagi. Dengan beragam varian rasa seperti coklat, gula merah, keju, kelapa dan masih banyak lagi membuat makanan enak ini di buru wisatawan. Colenak sendiri merupakan singkatan dari di Cocol Enak dan makanan tradisional ini berasal dari parahyangan. Cita rasa agak asam dan manis serta garing membuat colenak cocok di nikmati dengan minuman hangat seperti teh dan kopi. Colenak biasa di jual di kisaran harga Rp.10.000-15.000 per bungkusnya.

10. Cuanki

Cuanki

Berbentuk mirip seperti baso, dan memang julukan dari makanan enak ini adalah “Baso” nya orang bandung. Namun ada beberapa perbedaan antara cuanki dengan baso pada umumnya. Salah satu di antaranya adalah isian cuanki lebih beragam di banding baso biasa, beberapa di antaranya ada siomay goreng dan kukus, tahu goreng dan kukus. Kedua adalah dari kuahnya yang di mana cuanki memiliki rasa yang lebih kuat di banding baso biasa. Berasal dari kota bandung seperti yang kami bilang, cuanki merupakan favorit para warga bandung dan juga merupakan incaran para wisatawan domestik. Mungkin beberapa dari anda sudah pernah mendengar makanan khas jawa barat ini dari acara sitkom sebuah stasiun televisi. Dengan Rp. 8.000-12.000 anda sudah bisa menikmati makanan tradisional bandung ini.

 

11. Jojorong

Jojorong

Dengan bahan dasar tepung beras, tepung sagu, dan santan, makanan enak ini sering di cari. Selain bahan utama yang tadi kami sebutkan, jojorong juga menggunakan gula merah untuk menambah cita rasa manis khas. Jojorong merupakan makanan khas jawa barat yang berasal dari daerah pandeglang yang menggunakan daun pisang sebagai pembungkusnya. Yang di sayangkan dari Jojorong adalah mudah sekali basi karena menggunakan santan, jadi saat selesai memasaknya harus segera di makan, karena hanya akan tahan sehari saja. Hanya dengan harga Rp.2.000-3.000 anda sudah bisa menikmati makanan tradisional ini.

Baca Juga: 15 Makanan Khas Jawa Timur Paling Enak Dan Populer Pasti Ketagihan !

12. Asinan Bogor

Asinan Bogor

Sudah jelas bahwa makanan tradisional yang satu ini berasal dari kota hujan bogor. Menggunakan beragam sayur maupun buah sebagai bahan dasarnya, asinan bogor menciptakan sensasi tersendiri saat memakan asinan bogor. Sayuran dan buah yang biasa di gunakan dalam asinan bogor ialah mentimun, kol, tauge, wortel, nanas, selada, bengkoang, kedondong, dan masih banyak lagi. Kuah dari asinan bogor berbahan dasar cuka, cabe tumbuk, garam dan gula, asam jawa. Sebagai pelengkap anda bisa menggunakan kerupuk mie kuning. Dengan harga sekitar Rp.10.000-15.000 saja anda sudah bisa menikmati makanan khas jawa barat ini.

13. Surabi

Surabi

Berasal dari tepatnya daerah bandung, makanan khas jawa barat ini menggunakan tepung beras putih dan terigu, kelapa tua parut sebagai bahan dasarnya. Surabi sendiri biasanya di buat dengan cara di panggang di atas loyang khusus. Makanan enak ini memiliki aneka ragam rasa yang pastinya akan membuat anda penasaran untuk mencicipnya. Sensasi manis dan gurihnya kelapa pada setiap gigitan nya membuat makanan tradisional ini sering di buru para wisatawan sebagai oleh-oleh. Dengan Rp.7.000-10.000 anda sudah bisa menikmati surabi yang memiliki aneka ragam rasa ini.

14.  Nasi Jamblang

Nasi Jamblang

Makanan tradisional cirebon ini menggunakan daun jati sebagai media pembungkusnya. Nasi Jamblang sendiri merupakan makanan khas jawa barat yang mudah di jumpai jika anda jalan-jalan ke daerah bandung dan sekitarnya. Biasanya lauk dan nasi di jual terpisah satu sama lain agar pelanggan dapat mengcustom lauk yang di inginkan sesuai selera. Dengan beragam lauk yang menggoyang lidah anda akan kenyang dan ketagihan saat menyantap nasi jamblang ini. Seperti yang sudah kami sebutkan, nasi jamblang ini di jual terpisah dengan lauknya, untuk nasi nya saja sendiri seharga Rp.3.000 anda bisa memilih lauk seperti tempe goreng, tahu goreng maupun ayam sesuai selera.

15. Growolan

Growolan

Yang terakhir dalam daftar bukan berarti makanan khas jawa barat ini bisa anda ragukan cita rasanya. Berasal dari cirebon, growolan di buat dengan bahan dasar gaplek (ubi ketela) dan juga kelapa parut yang di campur dengan gula aren. Growolan agak sulit di temukan namun di pasar tradisional di daerah cirebon masih ada yang menjual. Arti dari growolan sendiri merupakan Kumpulan atau gumpalan, saat ini sudah jarang yang memproduksi makanan enak ini. Cukup dengan Rp.3.000-5.000 anda sudah bisa menikmati seporsi growolan makanan tradisional cirebon ini.

Jadi apakah anda sudah berencana untuk mencoba salah satu dari makanan khas jawa barat yang sudah kami sebutkan di atas? ataukah kamu sudah mencicipi salah satu atau beberapa makanan enak tersebut? semoga artikel ini bisa menjadi referensi anda dalam mencari makanan tradisional yang bisa anda cari jika berkunjung ke tanah jawa.

makanan enakmakanan khasmakanan khas daerahmakanan khas jawamakanan khas jawa baratmakanan pedasmakanan ringanmakanan sehatmakanan tradisional