20 Makanan Khas Bali Yang Paling Enak Wajib Kamu Cicipi !

Jika anda sedang jalan-jalan ke Bali akan kurang lengkap rasanya jika tidak mencicip makanan khas Bali yang ada di tempat wisata. Sejak dahulu Bali selalu menjadi primadona tempat liburan baik itu untuk turis mancanegara maupun turis lokal. Alasan ini jelas karena Bali merupakan salah satu pulau dengan pantai terbaik di dunia. Bukan hanya itu saja, seperti yang di sebutkan sebelumnya bahwa tidak akan afdol rasanya wisata ke Bali jika belum mencoba makanan khas Bali yang ada. Banyak nya pilihan terkadang akan membuat kita bingung makanan tradisional mana yang harus kita cari dan makan. Maka dari itu di sini akan memberikan rekomendasi mengenai…

20 makanan khas Bali yang paling enak wajib kamu cicipi !

1. Ayam betutu

makanan khas bali

Ayam Betutu

Makanan khas Bali yang terkenal ialah ayam betutu. Seperti namanya makanan sehat ini menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Jika anda berada di Bali hidangan lezat ini pasti akan anda sering temui di pinggir jalan dan restoran. Ayam betutu sendiri menggunakan campuran daun jeruk, sereh, salam, kunyit, kemiri, jahe, bawang merah sebagai bumbu utama dari masakan paling enak ini. Semua bumbu tersebut di uleg sampai tercampur dan di masukkan kedalam ayam yang sudah di bersihkan jeroan nya.

Karena cara masak dari Ayam betutu yang cukup mudah menjadikan makanan tradisional ini banyak sekali di jual di daerah Bali. Ada dua macam jenis ayam betutu yang pertama ada ayam betutu basah dan yang kering. Perbedaan dari jenis makanan khas daerah Bali ini adalah dari cara masak nya yaitu yang basah di rebus dan yang kering ialah di panggang. Dengan menggunakan sambal matah sebagai pelengkap maka anda akan merasakan puncak kelezatan dari makanan pedas ini.

2. Sate Lilit makanan khas bali ikonik

makanan khas bali

Sate Lilit

Mungkin beberapa dari anda sudah sering mencicipi sate ayam, namun sate lilit ini berbeda dari yang anda bayangkan. Pasalnya sate lilit memiliki keunikan tersendiri dalam cara penyajian nya maupun bahan yang di gunakan. Bahan dasar dari makanan khas Bali yang terkenal ini menggunakan daging ikan dan bisa juga daging ayam yang di giling terlebih dahulu. Setelah menggiling daging untuk makanan enak ini, sate lilit yang masih mentah kemudian di taburi parutan kelapa dan kemudian di lilit menggunakan batang sereh yang tebal dan bukan batang kayu.

Sensasi dari batang sereh yang bercampur dengan ikan giling membuat makanan khas bali yang terkenal ini selalu jadi incaran wisatawan. Sate Lilit ini paling cocok jika di jadikan lauk bersama nasi maupun di gado seperti makanan ringan. Sate lilit sendiri dapat di sajikan dengan pelengkap seperti sambal bawang sebagai bahan cocol untuk menambah cita rasa makanan pedas ini. Harga makanan tradisional ini di banderol antara Rp.30.000 sampai Rp. 50.000 PER 10 tusuknya.

3. Tipat blayag

makanan tradisional bali

Tipat Blayag

Makanan enak dari selanjutnya adalah tipat blayag, berbentuk menyerupai ketupat. Dengan berbahan dasar nasi yang di lilit dengan jamur muda ataupun dengan daun enau muda tipat blayag memiliki daya tarik tersendiri yang menggoda. Makanan khas Bali ini paling enak jika di sajikan dengan bersama dengan saus sambal dengan campuran tepung beras dan juga rempah bali. Biasanya juga tipat blayag menggunakan topping seperti daging ayam suwir, kacang goreng, parutan kelapa ataupun ceker ayam. Makanan tradisional bali ini biasa di jual dari sore hingga malam hari tepat nya jam 4 sore sampai jam 2 subuh. Harga makanan pedas dari bali tipat blayag cukup murah yaitu hanya berkisar dari 10 Ribu sampai 15 ribu saja. Bagi kamu yang suka sama makanan sehat ini wajib banget cobain tipat blayag saat berwisata ke pulau dewata.

4. Rujak Kuah Pindang makanan khas bali menyegarkan

makanan khas bali

Rujak Kuah Pindang

Mungkin beberapa dari kalian akan menyangka bahwa makanan sehat ini seperti kebanyakan rujak pada umumnya. Namun persepsi anda akan salah besar dengan makanan khas bali ini. Pasalnya rujak kuah pindang yang merupakan makanan pedas ini menggunakan rebusan ikan tuna sebagai kuahnya. Tidak hanya kuah ikan tuna saja sebagai bumbu rujak kuah pindang ini namun juga ada sambal terasi, asam jawa, cabai, serai, garam, dan juga gula merah. Isian dari rujak kuah pindang antara lain ada jambu air merah, mangga muda, bengkoang, dan juga timun. Biasanya makanan tradisional ini di makan sebagai camilan saat pengganjal lapar khusus penggemar pedas.

5. Bubur mengguh

makanan tradisional

Bubur Mengguh

Makanan khas bali yang terkenal ialah memiliki cita rasa yang unik. Bubur mengguh merupakan makanan sehat berbahan dasar beras dan santan yang di masak sampai lembek. Bubur mengguh sendiri dapat di katakan unik karena makanan tradisional bali ini sering kita jumpai di saat-saat acara penting seperti upacara adat. Nama lain dari makanan enak ini ialah bubur mungguh atau mangguh dan berasal dari buleleng.  Campuran bumbu bubur mengguh antara lain ada merica, kunyit bakar, kemiri, bawang merah, bawang putih, garam dan cabai yang di ulek bersamaan dan di haluskan. Anda juga bisa menambahkan topping seperti bawang goreng, daun bawang. Makanan khas daerah bali ini bisa anda beli dengan harga yang cukup terjangkau yaitu kisaran Rp. 10.000 sampai Rp. 15.000 untuk satu porsi bubur mengguh.

6. Sate Plecing makanan khas bali yang sangat enak

makanan khas bali

Sate Plecing

Makanan tradisional selanjutnya hampir mirip dengan yang sebelumnya, namun memiliki keunikan tersendiri. Letak keunikan dari sate plecing adalah dari bumbunya yang menggunakan sambal plecing, dan bisa di pastikan bahwa ini adalah makanan pedas. Tidak hanya sampai di situ saja, perbedaan sate plecing juga dari cara masak nya yang sama dengan sate pada umumnya. Sate Plecing dan sate lilit sudah bisa di katakan cukup berbeda dari  cara masak, maupun bumbu yang digunakan menjadikan ini makanan khas bali yang terkenal ialah unik. Anda bisa memakan ini sebagai pendamping nasi ataupun menjadi makanan ringan atau camilan sesuai selera anda.  Harga makanan enak ini di banderol Rp.24.000 sampai Rp. 30.000 PER 10 tusuk nya, bisa di pastikan harga ini sangat terjangkau untuk semua kalangan.

7. Lawar makanan khas daerah bali menggunakan base genep

foto makanan

Lawar

Sekilas makanan sehat ini terlihat seperti kumpulan sayur dengan bumbu kari. Namun makanan khas bali Lawar memiliki keunikan nya sendiri yaitu semua bahan utama beserta bumbunya tidak di masak sama sekali. Dengan menggunakan bumbu genep atau istilah nya base genep yang terdiri dari, cabai, bawang goreng, bawang merah, merica, kemiri, gula merah, garam, perasan jeruk limau. Semua bahan makanan enak ini kemudian di campur dan membutuhkan waktu yang lumayan lama agar cita rasa lawar menjadi baik.

Makanan khas daerah bali lawar ini memiliki poin unik lain yaitu menggunakan darah binatang seperti ayam, sapi maupun babi sebagai campuran bumbu nya juga. Maka dari itu beberapa kalangan tidak bisa mencicipi makanan pedas ini karena hal tersebut. Tidak hanya sampai di situ saja Lawar juga biasa di gunakan orang bali sebagai bahan sesajen dan juga makanan sehat ini tidak dapat bertahan lama karena menggunakan darah binatang. Harga lawar sendiri berkisar 15-25ribuan, namun tidak di sarankan bagi anda yang muslim karena makanan ini mengandung B2.

8. Laklak makanan khas bali paling cocok jadi oleh-oleh

foto makanan

Laklak

Yang selanjutnya dalam daftar ini adalah jenis makanan ringan dari bali yang mungkin anda sudah dengar. Laklak merupakan makanan khas bali yang terkenal terbuat dari adonan tepung beras ini sangat menggoda. Dengan kelapa parut dan gula merah sebagai bumbu pelengkap membuat laklak menjadi salah satu yang wisatawan cari untuk cicip. Tidak hanya sampai situ saja, makanan enak ini juga memiliki campuran air daun suji yang menciptakan keunikan cita rasa tersendiri. Kue laklak sendiri secara tampilan cukup mirip dengan kue cubit, namun bisa di pastikan kedua makanan tradisional ini sangat berbeda satu sama lain. Yang membuat laklak ini menjadi favorit wisatawan juga karena harga nya yang sangat murah yaitu kisaran Rp. 5.000-7.000 per porsi nya, dan anda sudah bisa mencicip 5 buah kue laklak. Anda bisa membawa laklak sebagai pilihan oleh-oleh untuk sanak saudara.

9. Rujak Buleleng makanan tradisional bali yang pedas

rujak buleleng

Rujak Buleleng

Makanan khas bali yang selanjutnya sudah bisa di pastikan favorit perempuan. Rujak buleleng merupakan makanan sehat yang terbuat dari bahan dasar buah buahan seperti papaya mengkal, ubi, jambu air, bengkuang, mangga muda, nanas dan mentimun. Berbumbu asam, gula merah, cuka dan cabai sesuai selera menjadikan rujak buleleng ini terasa menggigit di lidah dan bikin ketagihan terutama untuk kamu penikmat makanan pedas. Cara pembuatan rujak buleleng sendiri standard seperti rujak pada umumnya yaitu buah-buahan di potong tipis-tipis dan baru di campur dengan bumbu yang sudah di uleg. Dan mengapa rujak buleleng ini di senangi oleh warga bali ? karena harga nya yang sangat terjangkau yaitu cukup merogoh kocek sebesar Rp. 15.000-20.000 anda sudah dapat menikmati makanan tradisional tanah bali ini.

10. Nasi Tepeng makanan khas bali wajib coba

makanan khas bali

Nasi Tepeng

Salah satu makanan enak yang cocok untuk sarapan anda dan keluarga ketika berlibur di bali. Nasi tepeng merupakan makanan khas bali yang di buat nasi yang bercampurkan santan, ketumbar, kunyit dan bumbu-bumbu lain.  Lauk yang dipakai dalam makanan tradisional ini bisa anda sesuaikan dengan selera anda makanya wajib coba. Karena pembuatannya yang mudah makanan sehat ini bisa anda coba juga  praktikan sendiri dalam membuatnya. Anda bisa membeli seporsi nasi tepeng dengan harga yang sangat murah yaitu berkisar antara Rp. 5.000-Rp. 8.000.

11. Sup Kuah Komoh makanan khas daerah bali paling enak makan bersama nasi

Sup Komoh

Sup Kuah Komoh

Makanan sehat berikutnya sudah bisa di pastikan anda akan suka. Pasalnya Sup Kuah Komoh ini sangat enak jika anda makan bersama dengan nasi dan lauk lain. Dengan berbahan penuh rempah-rempah makanan khas bali ini. Dengan rendaman kaldu daging seperti ayam, entog membuat cita rasa makanan enak ini sangat bikin ketagihan. Akan sangat di sayangkan jika anda tidak mecicipi makanan khas bali yang terkenal ini jika sedang berwisata kesana. Jangan lupa jika anda beragama muslim wajib menanyakan daging apa yang dipakai dalam pembuatan sup kuah komoh ini. Dengan merogoh kocek sekitar Rp.10.000 saja anda sudah bisa mendapatkan sup kuah komoh.

12. Nasi Jinggo makanan khas bali yang ajib

makanan khas bali

Nasi Jinggo

Makanan sehat yang akan kita bahas kali ini mungkin sudah pernah anda dengar. Mustahil jika anda ke bali tanpa mencicip nasi jinggo. Makanan khas bali dengan harga yang sangat murah ini bisa anda dapatkan di pinggir jalan. Berpenampilan mirip seperti nasi uduk makanan enak ini memiliki sedikit keunikan yaitu di bungkus dengan daun pisang. Anda bisa meminta sambal lebih banyak agar menjadikan nasi jinggo anda makanan pedas kalau anda suka rasa pedas, karena sambal khas bali sangat ajib. Jika anda belum pernah makan nasi jinggo saat di bali maka anda akan menyesal, pasalnya ini merupakan makanan tradisional bali yang ajib dan sangat ikonik dan merakyat. Cukup dengan merogoh kantong anda sekitar Rp. 5.000-Rp.7.000 anda sudah bisa menikmati nasi jinggo yang mengenyangkan ini.

13. Tum Ayam makanan khas daerah bali cocok jadi pengganjal lapar

makanan khas bali

Tum Ayam

Sesuai namanya, makanan khas bali ini salah satu bahannya ialah ayam. Dengan bentuk seperti pepes pada umumnya, tum ayam bisa di pastikan berbeda dari pepes biasa. Pasalnya dengan bumbu yang sangat kental dan campuran daging ayam yang juga berbumbu membuat cita rasa makanan enak ini sangat nagih. Setiap gigitan tum ayam akan membuat anda melengkapi kenikmatan wisata di bali. Dengan mencampur seperti lengkuas, kencur, jahe, bawang merah, cabai, garam dan merica membuat makanan pedas ini sangat enak di setiap gigitannya. Harga tum ayam sendiri bisa di bilang murah karena anda hanya butuh Rp. 7.000 anda bisa menikmati makanan tradisional enak ini.

14. Nasi Campur Bali makanan khas bali mudah di cari

makanan khas bali

Nasi Campur Bali

Dari tampilan nya saja makanan enak ini sudah pasti bikin anda ngiler. Pasalnya nasi campur bali yang merupakan makanan tradisional favorit warga bali ini memang terbukti mantapnya. Kebanyakan dari nasi campur bali menggunakan daging babi, namun ada juga yang pakai daging ayam. Maka dari itu bagi anda yang beragama muslim kami sarankan untuk bertanya dulu daging yang di gunakan makanan pedas ini. Makanan khas bali yang mudah di cari ini memiliki harga yang agak mahal, anda perlu merogoh kocek agak dalam karena harga dari nasi campur bali ini berkisar Rp. 40.000-Rp.60.000 per porsinya.

15. Batun Bedil makanan tradisional bali enak untuk takjil

makanan khas bali

Batun Bedil

Sekilas makanan ringan ini terlihat seperti bubur candil, namun kenyataannya sedikit berbeda. Batun bedil sendiri memiliki terkstur yang lebih pipih dari bubur candil. Makanan khas bali ini memiliki cita rasa yang manis, karena menggunakan gula merah, santan dan juga kelapa muda parut sebagai bumbu dan pelengkap. Anda tidak perlu khawatir mengenai harga dari makanan enak ini karena untuk seporsi batun bedil hanya anda perlu membayar Rp. 5.000 saja untuk menikmati seporsi makanan tradisional. Cemilan berbentuk peluru ini juga biasa di bagikan kepada warga muslim bali saat bulan puasa sebagai takjil bukaan.

16.Sop Kepala Ikan makanan khas bali yang anda harus makan

makanan khas bali

Sop Kepala Ikan

Bagi anda pecinta makanan sehat dengan bahan dasar ikan, ini anda harus makan. Makanan pedas yang pasti nya akan menggugah selera yang memakannya ini memiliki cita rasa layaknya gulai pada umumnya. Dengan menggunakan ikan mas sebagai bahan utamanya membuat makanan khas bali sop kepala ikan ini lumayan di cari oleh wisatawan. Ikan mas yang dipakai di bersihkan terlebih dahulu dan di rebus sampai setengah matang, kemudian masukan bumbu kedalam sop kepala ikan dan gulai ikan bersama bumbu gulai. Dengan merogoh kocek kurang lebih Rp. 25.000 anda sudah bisa menikmati sop kepala ikan.

17. Bebek Timbungan makanan khas daerah bali pedas dan memuaskan

makanan khas bali

Bebek Timbungan

Makanan enak selanjutnya ini sekarang agak sulit di temukan, jadi jika anda bisa ketemu wajib coba. Bebek timbungan sesuai namanya menggunakan bebek sebagai bahan utamanya. Dengan menggunakan 3 macam sambal yaitu sambal matah, Ijo dan juga sambal terasi membuat makanan pedas ini akan sangat menggigit ketika menyentuh mulut. alasan kenapa makanan khas bali ini semakin jarang di jual adalah karena memasaknya membutuhkan waktu 12 jam. Bebek timbungan sendiri memiliki harga yang cukup terbilang mahal, yaitu sebesar Rp. 200.000-Rp. 300.000 untuk satu ekornya namun harga ini sangat cocok dengan rasa dari makanan khas daerah bali ini.

18. Jukut Ares makanan khas bali yang unik

makanan khas bali

Jukut Ares

Berbahan batang pohon pisang muda membuat makanan sehat ini layak anda coba. Jukut ares memang terlihat sederhana, namun anda jangan meremehkan soal rasa dari makanan pedas ini.  Dengan tambahan tulang ayam dan bumbu-bumbu yang ada membuat mkakanan khas bali unik ini terasa sangat enak. Cukup dengan Rp.15.000-20.000 anda sudah bisa menikmati Jukut Ares yang merupakan makanan khas bali yang unik.

19. Tipat Cantok makanan tradisional bali penuh sayuran jamin menyehatkan

makanan khas bali

Tipat Cantok

Makanan tradisional bali dengan bahan dasar sayur-sayuran ini merupakan ketopraknya orang Bali. Tipat Cantok menggunakan tauge, kacang panjang, selai kacang, petis udang dan tahu putih sebagai bahan dasarnya. Makanan khas bali ini bener-bener harus anda coba kalau lagi jalan-jalan ke bali. Tipat Cantok sendiri merupakan favorit warga Bali karena makanan pedas ini sangat mudah di temui di pedagang pinggir jalan. Cukup dengan merogoh uang sebesar Rp.10.000-15.000 aja anda sudah bisa menikmati makanan enak yang ikonik ini.

20. Sudang Lepet makanan khas bali yang sering di jumpai

makanan khas bali

Sudang Lepet

Sekilas makanan pedas ini terlihat seperti ikan asin kering pada umumnya. Namun sudang lepet sendiri cukup berbeda dari ikan asin pada umumnya. Hal ini karena anda hanya bisa menikmati sudang lepet di area buleleng saja. Bukan hanya itu saja bahan yang di gunakan dalam makanan khas bali ini adalah ikan pari dan berbalut minyak kelapa serta bawang merah dan putih. Anda bisa menikmati sudang lepet ini hanya dengan merogoh kantong sebesar Rp.10.000-Rp.15.000 Per porsinya untuk mencicip makanan enak dari tanah bali ini, Murah kan?

Sebelum memakan beberapa makanan khas bali di atas, ada baiknya anda menanyakan dulu bahan dari masakan tersebut jika anda seorang muslim. Apakah anda sudah punya incaran mau mencoba yang mana saja? Atau sudah pernah mencicip salah satu dari makanan tradisional di atas? Semoga artikel kami bermanfaat bagi anda yang mencari menu makanan enak dari bali yang pastinya akan membuat pengalaman liburan anda jadi lebih baik dan menyenangkan. Pantau terus website kami untuk mendapatkan info-info selanjutnya seputar makanan khas indonesia yang mungkin bisa menjadi referensi anda.

, , , , , ,

Related posts

Latest posts

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *