15 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Populer Dan Enak

Makanan Khas Jawa Tengah – Jawa Tengah khususnya yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang paling sering di kunjungi oleh wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara. Kebanyakan orang datang ke provinsi ini untuk menikmati budayaa serta kuliner nya yang masuk kategori terbaik. Beragam makanan tradisional dari provinsi dengan seribu candi ini memiliki keanekaragaman tak terhitung. Makanan khas jawa tengah bisa di bilang beragam karena dari segi rasa, bentuk maupun cara masak yang berbeda satu sama lain. Semua jenis makanan enak bisa anda cari di wilayah ini entah itu makanan pedas, makanan ringan sampai makanan sehat. Makanya jawa tengah sendiri merupakan destinasi wisata yang sangat cocok bagi anda yang suka kulineran. Bahkan kebanyakan dari makanan khas jawa tengah cukup murah. Namun dengan begitu banyaknya ragam kuliner di provinsi jawa tengah, hanya sedikit yang tahu mana saja makanan enak nya. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai…

15 Makanan Khas Jawa Tengah Paling Populer Dan Enak

1. Lumpia Semarang

Makanan khas jawa tengah yang paling terkenal berasal dari semarang ini adalah yang akan kita bahas pertama. Nama lumpia semarang sudah tidak asing lagi di telinga kita, makanan enak yang terlihat mirip seperti risoles ini sangat di incar para wisatawan. Lumpia semarang sangat cocok jadi oleh-oleh ataupun makanan ringan pengganjal lapar. Dengan bahan dasar tepung terigu yang di adon mneggunakan telur ayam dan garam. Biasanya makanan enak ini menggunakan rebung, wortel, tauge, telur orak-arik, serta daging ayam sebagai isiannya. Untuk mendapatkan Lumpia semarang ini anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 9.000 per buah untuk yang matang dan Rp. 15.000 per buah untuk lumpia semarang mentah. Mungkin banyak yang bertanya kenapamakanan khas dari jawa tengah ini jika mentah lebih mahal?  karena lumpia semarang mentah lebih awet jika anda ingin menjadikannya oleh-oleh ketimbang yang matang.

2. Tempe Mendoan

Makanan khas dari jawa tengah berikutnya berasal dari daerah Banyumas yang situs judi bola menggunakan kacang kedelai sebagai bahan dasarnya. Mungkin banyak dari anda sudah pernah membeli atau mencoba makanan tradisional yang satu ini, ya tempe mendoan. Makanan ringan ini banyak sekali di jual dan mudah di temukan di daerah jawa tengah khususnya banyumas. Cara membuat tempe mendoan sendiri pun cukup mudah, yaitu di goreng saja layaknya tempe goreng pada umumnya. Namun yang membedakan tempe mendoan dengan tempe biasa ada 3. Pertama dari bungkus mentah tempe nya, jika tempe biasa menggunakan plastik, tempe mendoan menggunakan daun pisang. Kedua adalah dari ukuran, tempe papan biasa jauh lebih tebal dan tempe mendoan lebih tipis. Terakhir adalah tempe mendoan sudah memiliki pola potongan pasti dan tempe papan biasa tidak. Cukup dengan harga Rp.2.000 saja anda sudah bisa membawa pulang makanan khas jawa tengah yang paling terkenal ini.

3. Tahu Petis

Makanan khas daerah jawa tengah tepatnya dari semarang ini sama seperti mendoan menggunakan kacang kedelai sebagai bahan dasar. Dari contoh gambar yang terlihat mungkin tahu petis terlihat sangat sederhana, namun jangan meremehkan rasa dari makanan khas jawa tengah yang satu ini. Petis merupakan sambal cocol dari makanan enak ini. Apa itu petis? yaitu olahan kaldu kepala udang yang di rebus hingga kering dan di campur dengan bumbu lain seperti bawang merah dan putih dan cabai. Dengan di cocol petis yang , tahu petis memiliki cita rasa khas pedas yang menyegarkan dan bikin ketagihan. Cukup dengan membayar Rp.2.000-3.000 anda sudah bisa menikmati makanan tradisional jawa tengah tahu petis ini.

4. Telur Asin

Makanan khas jawa tengah yang paling terkenal ini berasal dari daerah brebes yaitu telur asin. Alasan kenapa di namakan telur asin adalah karena telur bebek yang di gunakan sengaja di asinkan. Cara masak telur asin sendiri sedikit sulit yaitu anda membutuhkan abu gosok untuk membersihkan telur, kemudian rendam telur ke dalam air garam selama 15-20 hari, lama banget ya. Setelah itu langsung kukus atau rebus telur tersebut.  Biasanya bahan dasar yang di gunakan adalah telur bebek. Harga dari makanan enak dari jawa tengah ini pun bisa dibilang murah, yaitu hanya Rp. 3.000 per butir nya.

5. Soto Kudus

Makanan enak yang selanjutnya yang berasal dari daerah kudus adalah soto kudus. Mungkin beberapa dari anda pernah mencoba makanan tradisional jawa tengah yang satu ini. Dengan campuran bahan bahan seperti ayam suwir, daun bawang, kucai, tauge, irisan kol membuat cita rasa makanan khas jawa tengah ini sangat layak anda coba. Bumbu yang di gunakan dalam soto kudus sendiri antara lain ada bawang merah dan putih, merica, garam dan gula. Anda perlu merogoh kocek Rp. 10.000-15.000 per porsi soto kudus ini.

6. Rondo Royal

Sekilas makanan khas jawa tengah ini mirip dengan misro, namun agak sedikit berbeda. Berasal dari jepara, rondo royal ini memiliki cita rasa manis yang unik dan juga memiliki sejarah di baliknya. Yang membedakan antara rondo royal dengan misro adalah dari bahan dasarnya jika rondo royal menggunakan tape maka misro menggunakan singkong. Cara masak rondo royal ini mirip yaitu di goreng, dan isian nya pun sama yaitu gula merah. Makanan enak ini memiliki sejarah mulai konon dulunya di buat oleh seorang janda kaya sampai hidangan ini memiliki nama dari bahasa belanda yaitu rondo yang berarti musik. Untuk menikmati makanan tradisional dari jepara ini anda perlu merogoh kantung sebesar Rp.2.000-3.000 saja per buahnya.

7. Mie Lethek

Arti dari nama makanan khas jawa tengah ini adalah warna yang keruh kecokelatan yang memang tampilan dari mie lethek ini. Dengan mie yang terbuat dari tepung tapioka yang becampur dengan singkong, membuat makanan tradisional dari daerah Bantul ini menjadi incaran para pecinta kuliner. Menggunakan bumbu sederhana yang di haluskan seperti kemiri, bawang merah dan putih mie lethek memiliki cita rasa sederhana namun nikmat. cara masaknya pun sama seperti mie pada umum nya. Mie Lethek sendiri di jual dengan harga sekitar Rp.15.000-20.000 untuk sepiring makanan enak ini.

8. Oseng-oseng Mercon

Dari tampilannya saja kita sudah tahu kalau makanan enak ini memiliki cita rasa yang sangat pedas. Oseng-oseng mercon merupakan makanan pedas yang terbuat dari daging sapi dan campuran tetelan sapi. Bukan hanya menggunakan daging sapi saja namun biasanya oseng-oseng mercon juga menggunakan ceker ayam, tetelan sapi, ati ampela, cumi-cumi bahkan udang sesuai selera. Dengan bahan dasar bumbu cabai merah keriting yang di haluskan dengan gula merah, garam, jahe, bawang merah dan putih membuat cita rasa pedas makanan khas jawa tengah ini tiada tara. Harga dari seporsi makanan tradisional yang berasal dari Yogyakarta oseng-oseng mercon ini bisa anda nikmati dengan Rp.15.000-20.000 aja.

9. Wajik

Makanan enak yang berasal dari daerah istimewa Yogyakarta ini menggunakan beras ketan sebagai bahan utamanya. Cita rasa manis Wajik sendiri berasal dari gula merah yang di campurkan ke dalam wajik. Bahan yang di gunakan dalam pembuatan wajik selain beras ketan dan gula aren ada juga santan, daun pandan dan taburan kelapa. Biasanya wajik di masak dengan cara di kukus kemudian di potong membentuk jajar genjang dan makanan khas jawa tengah ini juga biasanya di sajikan jika rumah kedatangan tamu. Dengan harga sekitar Rp. 15.000-20.000 anda sudah bisa membawa pulang sekotak berisi selusin wajik untuk di jadikan oleh-oleh ketika akan pulang dari berwisata di Yogyakarta.

10. Tengkleng Gajah

Jangan salah sangka dulu mengenai bahan dasar dari makanan enak ini, yang mungkin anda pikir menggunakan gajah sebagai bahan dasarnya. Menggunakan daging sapi tepatnya bagian iga nya dan bukan gajah sebagai bahan pembuatan tengkleng gajah ini. Alasan kenapa makanan khas jawa tengah ini di namakan tengkleng gajah adalah karena penyajiannya yang selalu dalam porsi besar atau jumbo seperti gajah. Dengan menggunakan bumbu berbahan seperti santan, garam, gula merah, bawang merah dan putih, kemiri, dan lada butiran membuat cita rasa tersendiri dari tengkleng gajah ini. Kalau anda mau merasakan sensasi dari tengkleng gajah ini anda perlu merogoh kocek sekitar Rp.35.000-45.000 per porsinya yang sudah pasti sangat layak untuk harga makanan tradisional yogyakarta ini.

11. Enting-enting gepuk

 

Makanan enak yang sekilas terlihat seperti tempe ini berasal dari daerah salatiga yang mungkin sudah pernah anda coba. Dengan bahan dasar yang sederhana yaitu kacang tanah sangrai, gula kental (Karamel), dan garam secukupnya membuat enting-enting gepuk ini seringkali anda dapat temui di daerah jawa tengah. Sebelum kacang tanah di sangrai, kacang yang di kupas harus di gepuk terlebih dahulu menggunakan kayu sawo, ini adalah asal kenapa makanan khas jawa tengah ini di namakan enting-enting. Karena kesederhanaan ini, membuat enting-enting gepuk bisa bertahan lama walau sudah berbulan-bulan. Harga dari makanan tradisional ini sangatlah murah yaitu Rp.10.000-15.000 per bungkus nya dan berisi cukup banyak enting-enting gepuk.

12. Nasi Gandul

Pati merupakan asal dari makanan khas jawa tengah yang sering wisatawan cari jika sedang jalan-jalan ke daerah jawa tengah. Dengan menggunakan daging sapi dan menggunakan kuah dengan cita rasa ringan membuat nasi gandul seringkali di cari oleh wisatawan. Biasanya isian dari nasi gandul ada daging sapi, lalu tempe goreng, perkedel, telor, tempe dan tahu bacem. Anda bisa dengan mudah menemukan nasi gandul di daerah sekitaran malioboro. Jika anda penasaran dengan makanan enak ini cukup dengan uang sekitar Rp.10.000-15.000 per piring yang pastinya sangat layak untuk mencoba cita rasa dari nasi gandul ini.

13. Tahu Gimbal

Dari tampilan nya saja makanan enak ini sudah menggugah selera dan pastinya tidak akan ragu anda dalam mencobanya. Selain tahu juga menggunakan udang yang di buat gimbal dengan menggunakan tepung terigu dan tepung beras juga kol. Sedikit mirip dengan ketoprak namun berbeda, karena tahu gimbal menggunakan bahan yang jauh lebih banyak dan bervariasi. Untuk dapat menikmati tahu gimbal anda perlu merogoh kocek harga Rp. 15.000-25.000 anda sudah bisa mencicipi makanan khas jawa tengah ini yang pastinya menggugah selera.

14. Dawet Ireng

Dengan warna yang hitam anda akan tertipu jika menganggap makanan ringan dari daerah purworejo ini tidak enak. Dawet ireng sesuai namanya menggunakan dawet yang berbahan dasar tepung kanji dan juga tepung beras yang di campurkan dengan abu merang sehingga warna dari makanan khas jawa tengah ini menjadi ireng alias hitam. Menggunakan santan, pandan juga gula merah sebagai perisanya membuat dawet ireng memiliki cita rasa manis yang sulit di lupakan. Harga dari dawet ireng sendiri terpaut murah, yaitu sekitar Rp.8.000-10.000 saja anda sudah bisa menikmati makanan ringan yang cocok banget jadi takjil buka puasa ini.

15. Brekecek Pathak Jahan

Dengan bahan dasar ikan pathak jahan makanan enak ini menjadi yang terakhir dari daftar rekomendasi kami. Ikan pathak jahan sendiri sangat mudah di temukan di daerah pesisir jawa tengah, dan makanan enak ini berasal dari daerah cilacap tepatnya. Menggunakan cabai sebagai bahan dasar bumbu nya menciptakan rasa pedas dari brekecek pathak jahan. Dengan harga sekitar Rp.15.000-20.000 anda sudah bisa menikmati seporsi brekecek pathak jahan ini yang hot jeletot dan bisa bikin bibir dower.

Pasti penasarankan sama semua makanan tradisional di atas? Jadi makanan khas jawa tengah yang mana aja yang mau kamu cobain? Atau mungkin kamu sudah cobain beberapa makanan enak diatas? Kalau anda sedang jalan-jalan ke jawa tengah khususnya kawasan malioboro anda akan menemukan banyak sekali ragam kuliner yang ada di atas. Sekian artikel dari kami mengenai contoh makanan khas dari jawa tengah. Semoga tulisan ini menjadi rekomendasi terbaik yang bisa kamu gunakan saat kulineran.