30 Makanan Khas Jawa Dengan Rasa Istimewa Terkenal Paling Enak

Pulau jawa merupakan pulau dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia, sudah bisa di pastikan juga bahwa makanan khas jawa juga sangat beragam. Sebagai pulau yang memiliki 2 daerah istimewa yaitu yogyakarta dan jakarta, tidak heran kalau banyak sekali macam makanan enak nya. Kebanyakan dari hidangan dari pulau jawa ini memiliki cita rasa manis yang samar-samar. Tidak hanya sampai di situ saja beberapa dari makanan khas jawa ini memiliki cerita dan keunikan masing-masing dari makanan enak ini. Bahkan beberapa di antara makanan dari pulau jawa ini memiliki kandungan gizi yang tinggi dan merupakan makanan sehat yang bermanfaat bagi tubuh seperti Gudeg. Masyarakat di pulau jawa biasa memakan masakan khas jawa di warung makan tegal atau warteg. Jika anda sedang mencari rekomendasi menu makanan khas jawa  yang enak, maka anda sudah tepat kesini. Karena dalam kesempatan saat ini kami akan membahas mengenai…

30 makanan khas jawa dengan rasa istimewa terkenal paling enak

Rujak Cingur : makanan khas Jawa Timur yang ikonik

makanan khas jawa

Rujak Cingur

Berasal dari daerah timur pulau jawa tepatnya malang, makanan pedas ini berbahan dasar mulut sapi atau cingur. Biasanya makanan enak ini di campurkan dengan beragam sayur sebagai penambah cita rasa yang menyegarkan. Sayur dan buahan yang digunakan dalam rujak cingur ada mentimun, kerahi, bengkoang, mangga muda, taoge, kangkung, dan kacang panjang. Bumbu rujak cingur Rujak cingur sendiri memiliki 2 cara penyajian yaitu matengan dan mentah. Perbedaan dari kedua cara penyajian hanya pada letak bahan nya yang di masak yaitu setengah matang dan mentah. Alasan makanan khas jawa timur ini disebut rujak cingur adalah karena bumbu yang digunakan menggunakan petis udang dan irisan cingur (mulut sapi) yang di rebus dan di campurkan ke dalam rujak cingur. Makanan tradisional ini cukup mudah anda temui di daerah malang dengan patokan harga sekitar Rp. 15.000-20.000 untuk menikmati seporsi makanan sehat nan ikonik rujak cingur.

Gethuk lindri : kudapan manis dari tanah Jawa Tengah

makanan khas jawa

Gethuk Lindri

Makanan ringan dari jawa tengah dan jawa timur ini menggunakan kelapa tabur sebagai penambah cita rasanya. Gethuk lindri sendiri terbuat dari singkong yang di tumbuk sampai lembek dan di campurkan dengan gula pasir. Biasanya sebelum di masak makanan tradisional ini di beri pewarna makanan sedikit terlebih dahulu agar terlihat menarik. Makanan khas jawa tengah ini sendiri sudah ada sejak dahulu kala dan menjadi favorit camilan sebagai pengganjal perut. Harga dari gethuk lindri sendiri sangat murah, hanya dengan Rp.1.000 saja anda sudah bisa mendapatkan sepotong kudapan manis dari tanah jawa ini.

Gudeg : makanan khas Jawa Tengah sehat bergizi

makanan khas jawa

Gudeg

Dalam daftar selanjutnya merupakan makanan khas jawa tengah yang cukup ikonik khususnya di yogyakarta. Gudeg merupakan makanan tradisional dari jawa tengah yang menggunakan beragam lauk pauk sebagai isiannya. Isian dari gudeg sendiri lumayan banyak dan beragam antara lain ada ayam goreng, tahu, tempe, telor, sayur nangka yang membuat makanan sehat ini sangat mengenyangkan. Selain itu bumbu yang di pakai dalam makanan enak ini ada gula aren, lumbang, ketumbar, lengkuas, jahe, bawang merah, bawang putih, lada hitam membuat gudeg sehat bergizi. Tidak perlu kuatir soal harga karena harga dari gudeg sendiri cukup murah yaitu sekitar Rp.15.000-20.000 saja anda sudah bisa mencicipinya.

Nasi Grombyang : makanan enak dari Jawa Tengah harus anda coba

makanan khas jawa

Nasi Grombyang

Hidangan yang berasal dari jawa tengah tepatnya pemalang ini sudah terlihat sangat menggoda. Makanan khas jawa tengah ini sendiri merupakan favorit warga lokal pemalang dan juga jadi incaran wisatawan yang berlibur ke pemalang. Menggunakan bumbu yang sama dengan rawon yaitu kluwek menjadi nasi grombyang makanan enak yang patut anda coba. Yang unik dari makanan tradisional pemalang ini adalah penggunaan daging kerbau dan bukan sapi sebagai bahan utamanya. Dengan kuah encer bercita rasa gurih membuat santapan ini harus anda coba jika berkunjung ke daerah jawa tengah. Bukan tanpa alasan mengapa nasi grombyang gurih, karena kuahnya yang mengandung banyak macam rempah-rempah yang bermanfaat bagi tubuh sehingga membuat nasi grombyang adalah makanan sehat yang layak anda konsumsi. Harga dari nasi grombyang sendiri cukup terjangkau, anda cukup mengeluarkan uang sekitar Rp.15.000 saja anda sudah bisa menikmati makanan enak khas pemalang ini.

Garang Asem : makanan khas Jawa Tengah di jamin menyegarkan

makanan khas jawa

Garang Asem

Satu lagi makanan khas jawa tengah dengan cita rasa asam dan pedas. Garang asem berasal daerah pekalongan, namun anda juga bisa menemukan makanan tradisional ini di daerah jawa tengah lain seperti semarang, surakarta, yogyakarta dan kudus. Garang asem sendiri menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya dan daun pisang sebagai pembungkusnya. Ayam yang sudah di bungkus dengan daun pisang kemudian di kukus sampai matang. Untuk kuahnya sendiri makanan pedas ini menggunakan cabai rawit utuh dengan campuran geprekan ketumbar, kemiri, bawang merah dan putih, merica, sereh, jahe, lengkuas, garam, gula, dan kaldu. Setelah semua bahan bumbu tersebut sudah mendidih di rebus masukan ayam yang tadi sudah anda kukus. Garang asem sendiri bisa anda nikmati dengan harga Rp.15.000-20.000 untuk semangkuk makanan enak ini.

Tahu Petis : makanan ringan dari tanah Jawa Tengah yang pedas

makanan khas jawa

Tahu Petis

Dalam daftar kita selanjutnya ada makanan ringan berasal dari jawa tengah tepatnya semarang. Seperti namanya tahu petis menggunakan tahu sebagai bahan dasarnya, bahan tersebut di goreng hingga garing. Setelah di goreng, tahu di belah sedikit untuk memasukan bumbu bernama petis. Bumbu dari tahu petis yang pedas ini terbuat dari air rebusan udang ataupun ikan yang di campur dengan tepung maizena, bawang merah dan putih, gula aren. Makanan khas jawa tengah ini kerap menjadi bahan oleh-oleh bagi yang bertandang ke daerah jawa tengah khususnya yogyakarta. Harga dari makanan enak ini sangat murah, anda cukup merogoh kocek sebesar Rp.1.000 untuk sepotong tahu petis.

Nasi Tutug Oncom : makanan khas Jawa Barat pasti mengenyangkan

makanan khas jawa

Nasi Tutug Oncom

Makanan enak dari daerah tasikmalaya ini terlihat sudah sangat menarik sekali dan menggoda. Nasi tutug oncom merupakan makanan khas jawa barat yang pasti mengenyangkan karena berisi banyak lauk-lauk seperti tempe dan tahu. Dengan isi nya yang rame, makanan sehat ini wajib anda coba kalau lagi jalan-jalan ke daerah tasikmalaya. Makanan tradisional ini juga bisa anda temui di daerah jawa barat yang lain seperti bandung, pamulang, Cianjur dan banyak lagi.  Yang mengejutkan adalah harga dari nasi tutug oncom ini sangat murah, yaitu Rp.8.000 untuk yang biasa dan 15.000 untuk yang komplit spesial.

Batagor : makanan ringan dari Jawa Barat murah tapi ga murahan

makanan khas jawa

Batagor

Makanan ringan berasal dari tanah sunda yang satu ini mungkin anda sudah tahu. Namun jarang yang mengetahui bahwa Batagor adalah singkatan dari BAso TAhu GOReng. Batagor menggunakan bahan dasar ikan tenggiri yang di adon dengan tepung tapioka kemudian di bentuk menjadi bola-bola kecil. Setelah jadi bola kemudian batagor di goreng di minyak panas. Setelah matang, makanan enak ini di siram bumbu kacang, kecap, saus sambal untuk membuat cita rasa batagor lengkap dan nagih. Harga dari makanan khas sunda ini sangat murah dan pasti terjangkau segala kalangan, untuk sepotong batagor anda hanya perlu Rp.500-1.000 saja. Akan tetapi ada baiknya jika anda langsung membeli nya dengan kelipatan 5.000 agar lebih puas dalam menikmati makanan khas jawa barat ini.

Kare Rajungan: makanan khas Jawa Timur yang mantap

makanan khas jawa

Kare Rajungan

Makanan tradisional dari tuban ini menggunakan rajungan atau kepiting sebagai bahan utamanya. Kare rajungan menggunakan bumbu kari dengan bahan seperti santan, kayu manis cengkih, asam jawa, cengkeh, serai, pala bubuk semua rempah tersebut membuat cita rasa yang mantap. Semua bumbu yang sudah di sebut untuk memasak makanan khas jawa timur ini di masukan dalam minyak goreng dulu sampai harum. Setelah harum kemudian masukan rajungan dan santan sampai makanan enak ini matang. Jika anda ingin membeli kare rajungan anda harus merogoh kocek agak dalam karena satu porsi makanan tradisional ini berharga sekitar Rp. 120.000-150.000.

Rujak Soto : makanan enak dari tanah Jawa Timur paling ngangenin

makanan khas jawa timur

Rujak Soto

Makanan enak berkuah yang berasal dari Banyuwangi ini paling nganenin jika anda pernah mencobanya. Pasalnya Rujak Soto menggunakan bumbu petis rujak sebagai kuahnya, dan isian layaknya soto seperti daging sapi, tauge, telor dan lainnya sesuai selera. Makanan khas jawa timur ini sangat ikonik untuk para wisatawan yang bertandang ke Banyuwangi. Dengan cita rasa asam, gurih, dan juga asin membuat rujak soto sangat di gemari juga oleh warga Banyuwangi. Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp.10.000-15.000 untuk menikmati makanan tradisional banyuwangi rujak soto.

Empal Gentong : makanan khas Jawa Barat paling cocok untuk sarapan

makanan khas jawa

Empal Gentong

Berpenampilan seperti gulai pada umumnya namun makanan tradisional dari cirebon ini memiliki keunikan tersendiri. Dengan menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, membuat empal gentong paling cocok untuk sarapan. Cita rasa yang gurih dan kuah kental yang membuat ketagihan sangat harus anda coba saat bertandang ke cirebon. Makanan khas jawa barat ini sendiri juga merupakan favorit warga cirebon dan merupakan ikon kuliner dari daerah ini. Empal gentong memiliki cara masak yang sedikit unik yaitu menggunakan gentong besar yang di bakar di atas kayu bakar selama 5 Jam. Biasanya Empal Gentong juga di tambah dengan jeroan sapi seperti usus, babat dan ati sapi untuk menambah cita rasa makanan enak ini. Untuk harga seporsi Empal Gentong ini anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.20.000-25.000 untuk semangkuk makanan khas sunda ini.

Rawon : makanan pedas penggugah selera dari tanah Jawa Timur

makanan khas jawa

Rawon

Kluwak merupakan bahan dasar bumbu dalam pembuatan makanan pedas dari tanah surakarta ini. Kluwek sendiri merupakan bumbu utama dari makanan tradisional rawon, yang biasanya terbuat dari buah kluwak, cabai, bawang merah, bawang putih, garam, ketumbar, lada yang di tumbuk hingga tercampur satu sama lain. Rawon menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya, dan sayur-sayuran lain seperti tauge dan daun bawang. Pembuatannya mudah yaitu dengan cara di rebus terlebih dahulu daging sapi sampai menghasilkan kaldu khas, kemudian masukan bumbu rawon dan juga sayuran pelengkap tadi yang di sebut. Makanan khas jawa timur ini merupakan ikon kuliner dari surakarta yang sangat terkenal dan selalu jadi incaran wisatawan. Untuk seporsi makanan enak ini anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 20.000-25.000 untuk semangkuk rawon.

Pecel Madiun : makanan khas Jawa Timur pasti bikin ketagihan

makanan khas jawa

Pecel Madiun

Makanan tradisional berbahan dasar sayuran dengan bumbu kacang yang berasal dari madiun ini mungkin pernah anda dengar.  Dengan sayuran yaitu bayam, kacang panjang, kangkung dan tauge yang di rebus terlebih dahulu membuat Pecel madiun ialah makanan sehat yang penuh gizi. Tampilannya yang sederhana terkadang membuat orang untuk ragu mencicipi makanan enak, padahal pecel madiun sangat lezat dan pasti bikin ketagihan. Dengan pelengkap seperti kerupuk, tempe, tahu yang kemudian di bungkus dengan daun pisang membuat pecel madiun mudah di ingat.  Makanan khas jawa timur pecel madiun harga nya murah yaitu sekitar Rp. 10.000-15.000 untuk seporsinya.

Nasi Lengko : makanan tradisional dari pulau Jawa Barat yang menggoyang lidah

makanan khas jawa

Nasi Lengko

Makanan khas jawa barat yang tepatnya berasal dari cirebon ini bisa kami jamin akan menggoyang lidah anda saat memakannya. Nasi Lengko sendiri sesuai namanya adalah makanan tradisional cirebon yang terdiri dari nasi dan juga lauk pauk . Isian dari nasi lengko biasanya ada tempe, tahu, toge, daun bawang, bawang goreng dan di tuangkan bumbu kacang. Harga makanan enak ini pun termasuk murah yaitu antara Rp.10.000-15.000 anda sudah bisa mendapatkan seporsi nasi lengko yang mengenyangkan.

Sate Buntel : makanan khas Jawa Tengah paling wajib cicip

makanan khas jawa

Sate Buntel

Makanan khas jawa tengah yang terbuat dari daging kambing cincang ini paling wajib anda cicip saat bertandang ke solo. Dengan bahan bumbu kaya rempah-rempah yaitu santan, ketumbar, lengkuas, jahe, jinten, serai, dan merica membuat makanan enak sate buntel ini pasti bikin anda ketagihan. Alasan kenapa makanan khas jawa tengah ini dinamakan sate buntel adalah karena sate ini di buntel dengan lembaran lemak kambing dan dibungkus dengan daun pisang. Sate buntel menggunakan bumbu kecap sebagai pelengkap rasa dari makanan tradisional solo ini. Harga dari sate buntel sendiri lumayan murah yaitu sekitar Rp.40.000-50.000 untuk 10 tusuknya.

Pecel Lele :makanan enak dari Jawa Timur sekali coba langsung ketagihan

makanan khas jawa

Pecel Lele

Sebenarnya makanan tradisional ini ada di seluruh jawa, namun jika di telusuri sejarah nya makanan enak ini berasal dari jawa timur tepatnya dari daerah Lamongan. Mungkin sudah banyak dari anda yang mengetahui nama pecel lele, terkadang makanan khas jawa timur ini menggunakan ayam dan di namakan pecel ayam. Pecel lele sendiri biasanya terdiri dari nasi putih yang ditabur bawang goreng, sambal lalu Ikan lele yang di goreng crispy, kemudian ada sayur lalapan seperti mentimun, kembang kol, daun kemangi dan selada. Untuk menikmati seporsi pecel lele anda perlu merogoh kocek sebesar antara Rp. 15.000-20.000.

Brongkos : makanan khas Jawa Tengah pedas nya menggigit

makanan khas jawa

Brongkos

Makanan enak berkuah ini berasal dari Yogyakarta dan juga sangat pedas. Brongkos biasa di buat dari daging sapi, kerbau ataupun domba yang di potong membentuk dadu dan di masak mirip gulai. Bahan dari bumbu makanan enak Brongkos ini biasanya menggunakan santan, keluak, serai, lengkuas, jahe, ketumbar, kemiri, cabai yang di campur menjadi satu kesatuan yang mantap. Selain daging, isian dari Brongkos juga ada telur, kacang tolo /merah, wortel, dan labu siam. Bagi anda pecinta kuliner berbahan daging, kami sarankan anda harus mencicipi makanan khas jawa tengah Brongkos yang menjadi salah satu ikon dari kota Yogyakarta ini. Jika anda mau membeli makanan pedas ini harus merogoh kocek agak dalam, karena untuk seporsi brongkos anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp.35.000-40.000.

Mangut Lele : Makanan tradisional Jawa Tengah incaran wisatawan

makanan khas jawa

Mangut Lele

Satu lagi menu makanan enak berasal dari Yogyakarta dan sekarang menggunakan lele sebagai bahan dasarnya. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya mangut lele adalah makanan khas jawa tengah yang cukup menjadi incaran wisatawan terutam penggemar seafood. Mangut lele sendiri menggunakan bumbu kari yang terdiri dari rempah-rempah seperti kemiri sangrai, ketumbar sangrai, cabe merah, bawang putih dan merah, kencur, serai dan lengkuas, santan. Sangat nikmat jika anda memakan mangut lele ini dengan nasi panas dan juga kerupuk yang bisa bikin anda ketagihan. Untuk seporsi mangut lele cukup murah hanya Rp. 8.000-12.000 saja anda sudah bisa menyantap pedas ini.

Roti Unyil : makanan ringan Jawa Barat cocok untuk buah tangan

makanan khas jawa

Roti Unyil

Makanan tradisional yang berasal dari bogor ini sangat lucu dan imut. Roti Unyil sendiri mirip dengan roti pada umumnya namun bentuk nya mini atau jauh lebih kecil dari roti-roti lain. Cocok sekali untuk jadi buah tangan makanan khas jawa barat ini, karena bentuk nya yang kecil dan mudah untuk di bawa. Makanan ringan ini menggunakan bahan dasar seperti roti pada umumnya yaitu tepung terigu. Roti Unyil memiliki beraneka ragam isian seperti beberapa contohnya ada cokelat, nanas, keju, strawberry, kelapa dan masih banyak lagi isian dari makanan enak ini.  Jika anda sedang jalan-jalan ke daerah bogor, anda bisa membeli roti unyil dengan harga sekitar Rp. 1.500-2.000 per buah nya.

Kue Balok : makanan khas Jawa Barat yang juga cocok untuk jadi oleh-oleh

makanan khas jawa

Kue Balok

Asal usul makanan ringan ini hingga saat ini masih menjadi misteri dan tidak ada yang tahu pastinya. Ada yang bilang kalau kue balok ini asli dari Garut, namun ada juga yang bilang dari priangan. Mau dari manapun asalnya yang jelas makanan tradisional kue balok ini sudah pasti berasal dari jawa barat dan sudah ada sejak dari jaman penjajahan Belanda. Kue Balok sangat cocok untuk jadi oleh-oleh jika anda sedang bertandang ke bandung, karena makanan khas jawa barat ini akan mudah anda temukan. Sensasi isian krim yang akan langsung lumer di mulut membuat makanan enak ini selalu jadi incaran bagi penikmat kue. Tekstur lembut dan rapuh membuat kue balok sangat khas dan bikin ketagihan. Dengan harga sekitar Rp. 30.000-40.000 anda sudah bisa membawa pulang sekotak kue balok untuk dijadikan oleh-oleh.

Kare Rajungan : makanan khas jawa timur yang kudu kamu cicip

makanan khas jawa

Kare Rajungan

Makanan tradisional yang berasal dari daerah pesisir jawa timur tepatnya tuban ini kudu kamu cicip. Kare rajungan seperti namanya menggunakan rajungan atau kepiting sebagai bahan utama memasaknya. Bumbu yang di gunakan dalam kare rajungan mengandung banyak campuran seperti pala, kunyit, jahe, kayu manis cengkih, daun serai, daun salam, laos dan bawang. Jika kamu jalan-jalan ke provinsi jawa timur khususnya daerah tuban kamu harus cobain makanan khas jawa timur ini ! Kepiting yang terendam kuah kari yang sangat gurih dan mantap ini akan membuat kamu ketagihan dengan makanan enak ini. Anda perlu merogoh kocek agak dalam untuk menikmati kare rajungan ini, karena untuk seporsinya di harga sekitar Rp.100.000-120.000 yang kami rasa sangat layak untuk harga makanan enak ini.

Tongseng : makanan tradisional provinsi jawa tengah yang ikonik

makanan khas jawa

Tongseng

Makanan tradisional paling ikonik dari daerah jawa tengah tepatnya dari daerah Boyolali. Asal usul nama tongseng sendiri ialah karena cara masak makanan khas jawa timur ini dengan cara di oseng-oseng. Dengan bahan utama daging kambing, sapi atau kerbau ini tongseng selalu menjadi incaran para pelancong ataupun warga sekitar. Bumbu dari tongseng sendiri terbuat dari beragam rempah-rempah seperti santan, jahe, ketumbar, jahe, kemiri, lada, bawang putih dan merah. Untuk menikmati tongseng nan menggoda ini anda perlu merogoh kocek Rp. 20.000-25.000 yang sangat layak untuk makanan enak ini.

Peuyeum : makanan khas Jawa Barat paling mudah di cari

makanan khas jawa

Peuyeum

Makanan ringan yang berasal dari kota bandung ini akan sering anda jumpai jika sedang bertandang ke daerah tersebut. Dengan bahan dasar singkong yang di fermentasikan membuat peuyem memiliki cita rasa unik. Makanan khas jawa barat ini mirip dengan tapai singkong namun kedua nya sangat berbeda. Pertama adalah dari rasa, kalau tapai singkong jauh lebih manis karena menggunakan lebih banyak Rum, namun beda dengan peuyeum yang tidak terlalu manis karena tidak menggunakan alkohol untuk fermentasinya. Kedua adalah dari tekstur nya kalau tapai singkong lebih lembek dan mudah hancur sedangan peuyeum agak keras. Dan terakhir adalah dari ketahanan nya yang dimana tapai singkong lebih mudah membusuk di bandingkan makanan tradisional peuyeum yang jauh lebih awet. Harga peuyeum sendiri sangat murah, dan pastinya cocok untuk anda jadikan oleh-oleh, hanya butuh berkisar Rp. 10.000-15.000 anda sudah bisa membawa pulang setengah kilo makanan enak ini.

Seblak : makanan tradisional pedas dari Jawa Barat bikin bibir jontor

makanan khas jawa

Seblak

Kebanyakan orang pasti sudah mendengar nama dari makanan pedas yang satu ini. Makanan khas jawa barat ini mungkin merupakan favorit bagi kaum hawa. Dengan bahan dasar kerupuk mentah yang di rebus, seblak memiliki rasa yang gurih, asin dan pedas setiap masuk ke dalam mulut. Pedas dari seblak cukup membuat anda keringetan sampai bikin bibir jontor, karena cabai yang di gunakan ialah ulekan cabe rawit. Bumbu yang di gunakan dalam seblak pun cukup sederhana yaitu penyedap rasa, bawang merah dan putih, garam dan pastinya cabai. Isian dari seblak sendiri beragam bisa sesuai selera anda seperti bakso, sosis, sayur caisim dan bawang goreng. Cara memasak makanan tradisional ini yaitu dengan cara di tumis dan di oseng oseng. Hanya dengan harga sekitar Rp.8.000-10.000 saja anda sudah bisa menikmati makanan enak seblak ini.

Soto Madura  : Makanan khas Jawa Timur berkuah yang gurih dan nikmat

makanan khas jawa

Soto Madura

Si berkuah yang satu ini mungkin anda pernah mencoba nya, berasal dari jawa timur tepatnya madura makanan enak ini memiliki cita rasa yang tak terlupakan. Dengan daging sapi sebagai bahan dasar, kemudian di rebus dan menciptakan kaldu khas yang memberikan rasa enak tiada tara pada soto madura. Selain daging sapi makanan khas jawa timur soto madura sendiri memiliki isian lain seperti telur rebus, kentang, goreng, tahu, tomat, emping dan mie. Semua isian di atas di rendam dengan kuah berbumbu jahe, kunir, laos, bawang merah dan putih, ketumbar yang di lumatkan. Anda perlu mengeluarkan uang berkisar Rp. 15.000-20.000 untuk menikmati semangkuk makanan tradisional dari madura ini.

Tahu Gejrot : Makanan ringan dari Jawa Barat

makanan khas jawa

Tahu Gejrot

Dengan tahu sebagai bahan dasarnya makanan ringan ini terlihat sederhana namun sangat nikmat untuk di santap. Tahu Gejrot merupakan makanan khas jawa barat tepat nya dari daerah cirebon, kota udang. Pembuatan bumbu dari makanan tradisional tahu gejrot pun terbilang mudah yaitu di uleg dan dengan bahan yang juga tidak banyak. Bumbu berbahan kecap, cuka, cabai, udang rebon, bawang merah dan putih yang di uleg berbarengan membuat cita rasa dari tahu gejrot sungguh nempel di lidah. Harga dari makanan enak ini sangat murah, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 8.000-12.000 untuk sepiring tahu gejrot.

Brekecek Pathak Jahan : makanan khas Jawa Tengah dari cilacap yang ikonik

makanan khas jawa

Brekecek Pathak Jahan

Berasal dari cilacap makanan tradisional ini menggunakan ikan jahan sebagai bahan dasarnya. Brekecek pathak jahan di resmikan oleh bupati cilacap sebagai makanan khas cilacap berdasarkan keputusan bupati Nomor 556/501/18/2014  Bumbu yang di gunakan makanan pedas brekecek pathan jahan berbahan seperti bawang merah dan putih, ketumbar, merica, kemiri, kunyit, jahe, cabai merah keriting dan rawit. Dengan harga sekitar Rp.20.000-25.000 anda sudah bisa menikmati seporsi makanan khas jawa tengah brekecek pathak jahan ini.

Karedok : makanan tradisional Jawa Barat dari tanah sunda

makanan khas jawa

Karedok

Salah satu makanan enak yang akan sering anda jumpai jika anda berjalan jalan ke daerah bandung. Makanan khas jawa barat karedok biasanya berisi sayuran seperti Taoge, kacang panjang, siangi, kol, daun kemangi, timun, terong yang di potong kecil-kecil dan di campur kedalam bumbu. Dengan campuran bumbu sederhana namun nikmat membuat karedok selalu di cari untuk menu sarapan maupun makan siang dan malam. Biasanya karedok menggunakan emping sebagai pelengkap nya dan terkadang kerupuk udang. Untuk menikmati makanan tradisional sunda ini anda hanya cukup mengeluarkan uang berkisar Rp. 10.000-15.000 dan anda bisa merasakan sensasi memakan karedok.

Gethuk Pisang : makanan khas Jawa Timur yang cocok jadi oleh-oleh

makanan khas jawa

Gethuk Pisang

Dengan bahan dasar pisang sesuai namanya gethuk pisang merupakan makanan ringan yang berasal dari daerah kediri. Cita rasa manis yang khas dan juga gurih membuat makanan khas jawa timur ini cocok menjadi cemilan pengganjal lapar. Gethuk pisang sendiri sudah ada sejak zaman kerajaan kediri dan merupakan favorit dari dewi sekartaji. Biasanya pisang yang di gunakan dalam pembuatan makanan tradisional ini adalah pisang raja nangka. Harga makanan enak ini sangat murah, anda hanya perlu merogoh kocek Rp. 10.000-12.000 untuk sebuah gethuk pisang yang cocok jadi oleh-oleh.

Nasi Becek : makanan enak khas Jawa Timur, nganjuk yang sangat enak

makanan khas jawa

Nasi Becek

Nganjuk merupakan asal dari makanan enak khas jawa timur bernama nasi becek ini. Dari sejak jaman belanda tepatnya tahun 1915 nasi becek ini sudah ada. Dengan isian mirip seperti soto babat, namun berbeda karena daging yang di gunakan adalah daging kambing. Makanan khas jawa timur ini juga di lengkapi irisan bawang merah dan bawang bombay untuk menambah cita rasa khas dari nasi becek. Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 15.000-20.000 untuk sepiring makanan tradisional nganjuk nasi becek.

Jadi makanan enak mana yang akan anda coba ? apakah sudah pernah mencicipi satu atau lebih makanan khas jawa yang ada di atas ? Makanan tradisional merupakan salah satu budaya Indonesia dan penting sekali untuk melestarikan budaya bangsa kita Sekian dari kami mengenai rekomendasi makanan khas jawa yang bisa anda cicipi jika berkunjung ke pulau jawa. Semoga website kami ini bisa bermanfaat untuk anda dalam mencari makanan sehat dan enak untuk anda nikmati. Jangan lupa untuk terus memantau situs kami untuk mendapat informasi lain mengenai makanan khas terbaru

, , , , , ,

Related posts

Latest posts

120 comments

Leave a Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *