20 Makanan Khas Sunda Paling Enak Jamin Bikin Ketagihan

Makanan khas sunda –ย Suku sunda merupakan salah satu suku dengan ragam budaya sejak jaman kerajaan. Sunda sendiri menurut Rouffaer (1905) memiliki arti bersinar, terang, berkilau, putih. Tidak akan ada habisnya jika membahas hal-hal yang berhubungan dengan suku sunda. Salah satu kebudayaan yang masih ada sampai saat ini adalah makanan khas sunda nya. Makanan tradisional dari suku sunda yang berasal dari tanah jawa barat ini di dominasi dengan rasa yang manis dan gurih seperti surabi contohnya. Banyak orang yang sudah mencoba menu makanan khas sunda dan ketagihan di buatnya karena rasanya yang memang enak sekali. Namun masih ada orang-orang yang belum tahu mengenai makanan khas sunda mana saja yang paling enak. Maka dari itu dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai…

20 Makanan Khas Sunda Paling Enak Jamin Bikin Ketagihan

1. Karedok : makanan sehat dari daerah bandung

makanan khas sunda
Karedok

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas sunda yang satu ini? Iya Karedok ! bagi yang tinggal di pulau jawa khusus nya bandung sudah bisa di pastikan mengenal makanan tradisional sunda ini. Berbahan dasar sayur-sayuran setengah matang membuat hidangan ini pasti bergizi dan slot server thailand no 1 sehat. Makanan sehat ini sendiri biasanya di jual antara 10ribu sampai 20 ribu per porsi nya. Karedok ini pun sangat mudah di temui, karena pembuatannya yang terbilang mudah dan cepat. Sayuran yang ada dalam karedok biasanya setengah matang ataupun mentah, lalu siapkan kacang tanah tumbuk dan juga rempah seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan gula merah. Anda bisa menyesuaikan banyaknya rawit untuk di uleg bareng dengan bumbu kacang kepada penjualnya. Dengan uang sekitar Rp.10.000-15.000 untuk menikmati makanan enak karedok ini.

2. Mie Kocok Bandung : makanan khas sunda yang gurih abes

makanan khas sunda
Mie Kocok Bandung

Makanan enak dengan bahan dasar Mie kuning yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan telur membuat cita rasa gurih tersendiri. Dengan kaldu sapi, Mie kocok sangat bikin ketagihan karena cita rasa gurih abes yang kental dari kaldu sapi. Isian dari mie kocok biasanya terdiri dari tauge mentah, tetelan sapi, kikil, daging sapi bertulang. Bumbu dari mie kocok terdiri dari ebi kering, lada, kemiri sangrai, jahe, bawang putih dan merah, semua itu di haluskan. Alasan kenapa makanan khas sunda ini di namakan Mie Kocok adalah karena cara masak nya yaitu dengan cara mengocok wadah logam bolong-bolong bergagang berisi mie kuning. Untuk semangkuk makanan tradisional sunda ini anda perlu merogoh kocek Rp.20.000-25.000 untuk seporsi mie kocok bandung.

3. Soto Bandung : makanan tradisional sunda berkuah mantap

makanan khas sunda
Soto Bandung

Makanan khas sunda yang selanjutnya sama-sama menggunakan kaldu sapi seperti mie kocok. Namun perbedaannya adalah Soto Bandung menggunakan hanya daging nya saja, dan isian nya pun berbeda. Isian dari Soto Bandung terdiri dari seledri, lobak, daging sapi, wortel, bakso, telur, kacang kedelai goreng. Soto bandung menggunakan santan sehingga berkuah mantap dan juga bening. Makanan enak ini menggunakan bumbu sederhana seperti merica bubuk, bawang merah dan putih, serai, lengkuas, dan jahe. Soto Bandung paling nikmat ketika anda memakannya dengan nasi panas dan paling pas di makan pas hujan-hujan. Kamu cukup mengeluarkan uang Rp.20.000-25.000 untuk menikmati makanan tradisional sunda soto bandung ini.

4. Nasi Timbel : makanan khas sunda yang cocok untuk makan siang

makanan khas sunda
Nasi Timbel

Berdasarkan gambar di atas, makanan enak dari sunda ini sudah jelas sangat menggoda. Nasi timbel sangat cocok untuk anda bawa atau sebagai makan siang yang pastinya akan mengenyangkan. Makanan khas sunda ini biasanya berisikan ayam goreng, teri goreng, kemudian lalapan sambal dan nasi putih tentunya, semua itu di bungkus dengan daun pisang dan jadilah nasi timbel. Ayam goreng nya di lumuri bumbu halus kemiri, sangrai, bawang merah dan putih, garam. Kemudian lalapan yang dipakai dalam nasi timbel biasanya terdiri dari kembang kol, daun kemangi, petai, mentimun. Untuk menikmati seporsi nasi timbel kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 25.000-30.000 dan rasakan sensasi nikmat makanan tradisional sunda ini.

5. Sate Maranggi : makanan tradisional sunda enak dan mantap

makanan khas sunda
Sate Maranggi

Asal usul nama maranggi dari makanan khas sunda ini berarti petukangan (seorang ahli pembuat sarung keris). Sate Maranggi merupakan makanan tradisional sunda yang berasal dari daerah Purwakarta yang biasanya menggunakan daging sapi atau kambing sebagai bahan utamanya. Rasa dari sate maranggi sendiri sangat enak, gurih, dan pedas, tekstur daging sapi nya sendiri garing dan lumayan lembu. Daging sapi mentah di lapisi dengan dengan bahan yang di haluskan terdiri dari jahe, laos, ketumbar, gula merah, asam jawa, garam. Sedangkan bumbu kecap untuk sate maranggi terbuat dari kecap manis, tomat, rawit, cuka. Untuk menikmati makanan enak sate maranggi ini kamu butuh merogoh kocek Rp.30.000-35.000 untuk per 10 tusuknya.

6. Tahu Sumedang : makanan khas sunda murah dan enak

makanan khas sunda
Tahu Sumedang

Sudah jelas bahan dasar dari makanan ringan dari sunda ini yaitu tahu yang berbahan dasar keledai ini. Tahu sumedang sendiri sangat mudah untuk di buat dan dengan bumbu yang cukup sederhana. Bahan yang anda butuhkan untuk membuat makanan khas sunda tahu sumedang ini hanya tepung tapioka, tepung terigu, lada bubuk, kaldu bubuk, dan air putih yang di campurkan menjadi suatu adonan. Kemudian masukkan tahu susu ke dalam adonan yang sudah tercampur tersebut dan diamkan selama 15 menit. Setelah terendam goreng tahu tersebut beberapa menit sampai berubah kecokelatan. Jika anda ingin membeli makanan enak dari sunda ini cukup dengan mengeluarkan Rp.500-1.000 saja untuk sepotong tahu sumedang.

7. Lotek : makanan tradisional sunda penuh gizi

makanan khas sunda
Lotek

Satu lagi makanan tradisional sunda tepat nya dari daerah surakarta yang menggunakan sayuran sebagai bahan utamanya. “Salad” nya orang indonesia ini bernama lotek, sekilas mirip dengan gado-gado, namun kedua makanan enak ini punya beberapa perbedaan. Perbedaan antara lotek dan gado-gado terletak pada isiannya yang jika dalam lotek harus ada bayam, kacang panjang, kapri, dan daun kacang kedelai sedangkan untuk gado-gado tidak harus ada. Makanan khas sunda Lotek menggunakan bumbu yang dihaluskan yang terdiri dari bawang putih goreng, cabai rawit merah, terasi, kencur, daun jeruk, iris halus, asam jawa, kacang tanah goreng. kangkung, rebus, kol, iris, kacang panjang, rebus, labu siam, taoge, tahu putih goreng, bawang goreng. Dengan harga sekitar Rp.10.000-15.000 anda sudah bisa menikmati seporsi makanan sehat lotek ini.

8. Empal Gentong : makanan khas sunda yang paling sering di cari

makanan khas sunda
Empal Gentong

Dengan bahan dasar daging sapi has dalam, makanan tradisional sunda ini berasal dari “Kota udang” Cirebon. Makanan enak ini biasanya tidak hanya menggunakan daging sapi saja sebagai bahan utamanya namun juga jeroan sapi seperti paru-paru dan babat. Empal gentong menggunakan bumbu yang terdiri dari kemiri dan ketumbar sangrai, bawang merah dan putih, jintan, jahe, merica putih, cengkihย  dan kunyit bubuk dan tidak lupa santan. Cara masak empal gentong lumayan unik, yaitu dengan di masukan ke dalam gentong tanah liat yang besar dan di bakar menggunakan kayu bakar selama 5 jam atau lebih. Untuk dapat menikmati makanan khas sunda ini anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 20.000 – 30.000 per mangkuk empal gentong.

9. Gepuk : makanan tradisional sunda yang garing cocok tuk lauk

makanan khas sunda
Gepuk

Satu lagi makanan khas sunda yang menggunakan daging sapi sebagai bahan utama nya yang tepatnya berasal dari priangan. Gepuk sendiri memiliki cita rasa gurih dan agak manis karena makanan enak ini menggunakan gula jawa sebagai salah satu bahan pembuatannya. Gula jawa, asam jawa, bawang putih dan merah, kemiri sangrai merupakan bahan untuk pembuatan gepuk. Dengan cara di goreng, gepuk memiliki tekstur yang garing dan sangat nikmat jika langsung di makan saat baru matang. Untuk seporsi makanan tradisional gepuk ini anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 15.000-30.000 .

10. Tahu Gejrot : makanan khas sunda menyegarkan dan gurih nyoy

makanan khas sunda
Tahu Gejrot

Dari namanya saja kita sudah tahu bahan dasar dari makanan khas sunda ini, ya pasti tahu. Dari tampilannya tahu gejrot terlihat sangat sederhana, namun soal rasanya jangan pernah meremehkan makanan ringan tahu gejrot ini. Dengan campuran bawang merah dan putih, air cuka, gula aren dan cabai rawit yang semua nya di uleg membuat cita rasa dari tahu gejrot gurih dan menyegarkan. Tahu yang biasa di gunakan dalam makanan khas sunda tahu gejrot ialah tahu putih. Harga dari tahu gejrot sendiri sangat murah yaitu Rp.500-1.000 per tahu nya, namun ada baik nya jika anda membeli nya langsung Rp.5.000 atau kelipatan nya untuk menikmati makanan enak ini.

11. Serabi : makanan tradisional sunda dengan ragam varian rasa

makanan khas sunda
Serabi

Makanan ringan yang berasal dari bandung ini sangat cocok untuk anda jadikan oleh-oleh. Dengan menggunakan 3 macam tepung sebagai bahan utamanya yaitu tepung kanji, beras, dan terigu membuat teksur serabi padat dan berisi. Bukan hanya 3 tepung saja yang di jadikan adonan pembuatan surabi, namun makanan tradisional bandung ini juga menggunakan santan, kelapa parut, gula merah dan daun pandan untuk menciptakan wangi khas.ย  Biasanya makanan khas sunda ini tersedia dengan beragam varian rasa, pada contoh gambar anda bisa lihat serabi rasa coklat. Contoh beberapa rasa dari serabi ada strawberry, pisang, keju, durian, nangka,pandan dan masih banyak lagi.ย  Dengan harga sekitar Rp.8.000-12.000 anda sudah dapat sepotong makanan enak serabi ini dengan rasa sesuai selera anda.

12. Basreng : makanan khas sunda yang garing dan gurih

makanan khas sunda
Basreng

Nama dari makanan enak ini merupakan singkatan dari baso goreng /digoreng, yang berasal dari daerah bandung. Basreng biasanya terbuat dari baso ikan tenggiri mentah yang di potong tipis-tipis, anda juga bisa menggunakan baso jenis lain untuk membuat basreng kalau mau. Cara membuat makanan khas sunda ini pun cukup mudah yaitu hanya di goreng saja. Setelah anda menggoreng basreng, anda bisa menambahkan bumbu bubuk tambahan seperti bubuk cabai, bubuk perisa seperti keju, barbekiu atau sesuai selera anda. Harga dari makanan tradisional bandung ini pun sangat murah, yaitu Rp.5.000-7.000 per 100 gr nya.

13. Peuyeum : makanan khas sunda sangat cocok di jadikan oleh-oleh

makanan khas sunda
Peuyeum

Sekilas tampilan dari makanan tradisional sunda ini seperti tapai singkong, namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Walaupun kedua makanan enak ini menggunakan bahan dasar yang sama yaitu singkong yang di fermentasi, namun keduanya memiliki perbeedaan. Pertama kalau tapai biasanya menggunakan alkohol untuk proses fermentasi sedangkan peueyem tidak menggunakan alkohol. Kedua dari cita rasa manis yang di hasilkan, jika tapai agak menusuk di hidung (karena efek alkohol), sedangakan manis dari peuyeum lebih halus karena tidak menggunakan alkohol. Terakhir, karena menggunakan alkohol, tapai akan basah dan lebih cepat busuk di banding peuyeum yang kering. Makanan khas sunda yang satu ini sangat cocok jika anda jadikan oleh-oleh saat berpulang dari bandung. Untuk mendapatkan sebuah peueyeum anda hanya perlu merogoh kantung Rp. 5.000-10.000 saja.

14. Opak : makanan tradisional sunda yang renyah dan enak

makanan khas sunda
Opak

Dengan berbahan dasar singkong dan beras ketan, makanan tradisional sunda ini sangat nikmat untuk di jadikan pelengkap makan. Selain singkong dan beras ketan, bahan pembuatan opak juga menggunakan gula, garam, kelapa parut dan telur. Semua bahan pembuatan opak tadi harus and jadikan adonan, dan jika sudah jadi maka jemur opak mentah tersebut ke matahari hingga kering. Biasanya membutuhkan waktu 2-3 hari untuk menjemur opak sampai kering. Untuk mendapatkan makanan khas sunda ini anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp.10.000-15.000 per 250 gr untuk opak yang sudah matang dan Rp.20.000-30.000 per kilo untuk opak masih mentah.

15.ย  Misro : makanan khas sunda yang manis nya tidak terlupakan

makanan khas sunda
Misro

Beberapa orang terkadang salah membedakan makanan khas sunda yang manis ini dengan combro saudaranya yang pedas. Perbedaan antara misro dan combro hanya pada isian nya saja, jika misro menggunakan gula merah maka combro menggunakan oncom dan juga rawit. Bahan dasar dalam pembuatan makanan enak ini ialah singkong yang di parut dan di tumbuk kemudian di bentuk bulat. Cara masak misro sendiri hanya cukup di goreng, namun jangan lupa untuk memasukan gula aren cair kedalam misro sebelum menggorengnya. Harga dari makanan tradisional ini sangat murah yaitu Rp.1.000-2.000 untuk sebuah misro.

16. Combro : makanan tradisional sunda, sering tertukar dengan misro

makanan khas sunda
Combro

 

Seperti yang sebelumnya, sering orang bingung membedakan makanan khas sunda ini dengan misro, yang padahal hanya berbeda dari rasa dan isian saja. Combro menggunakan bahan dasar yang sama seperti misro, dan cara masak nya pun sama. Sama seperti saudaranya misro, untuk mendapatkan makanan enak ini anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp.1.000-2.000 untuk sebuah combro.

17. Ayam Bekakak : makanan khas sunda paling enak wajib coba

makanan khas sunda
Ayam Bekakak

Dari tampilan nya yang menggoda jelas makanan enak dari sunda ini wajib anda coba jika jalan-jalan ke pasundan. Ayam bekakak, sesuai namanya makanan khas sunda ini menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Selalu menjadi favorit warga sekitar dan juga wisatawan, ayam bekakak di masak dengan cara di bakar. Berbeda dari ayam bakar pada umumnya, biasanya makanan tradisional sunda ini akan selalu ada dalam acara syukuran seperti pernikahan maupun aqiqah. Biasanya ayam bekakak menggunakan ayam kampung agar lebih terasa nikmatnya, namun jika tidak ada bisa menggunakan ayam negeri. Bahan marinasi atau lumuran(sebelum di bakar) dari ayam bekakak ialah kemiri, jahe, ketumbar, kunyit, merica putih bubuk, dan bawang merah dan putih. Jika anda ingin membeli ayam bekakak, anda perlu mengeluarkan uang extra, karena untuk seekor makanan khas sunda yang enak ini anda butuh Rp.100.000-120.000.

18. Nasi Liwet : makanan tradisional sunda yang sekali makan pasti kenyang

makanan khas sunda
Nasi Liwet

Sudah jelas makanan enak ini terbuat dari nasi, namun dari tampilannya sudah pasti sekali makan anda akan kenyang. Nasi Liwet merupakan makanan tradisional sunda yang berasal dari daerah surakarta. Isian dari nasi liwet sendiri sangat beragam dan bisa anda sesuaikan dengan selera anda. Anda bisa memakai tempe dan tahu goreng, telur rebus, bahkan petai sebagai lauk pelengkap nasi liwet Cara masak nya pun cukup mudah, bisa dikukus menggunakan panci ataupun menggunakan rice cooker. Namun dengan cara masak apapun anda wajib memasukan serai, daun salam, lengkuas dan ikan teri ke dalam nasi liwet yang akan di masak. Untuk seporsi nasi liwet anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 30.000-40.000, harga yang sangat cocok mengingat porsi makanan khas sunda yang jumbo ini.

19. Rengginang : makanan khas sunda yang sering masuk kaleng biskuit

makanan khas sunda
Rengginang

Seringkali orang yang membeli makanan ringan khas sunda ini menaruhnya ke dalam kaleng biskuit kosong agar lebih awet dan tetap garing. Terbuat dari beras akik yang di jemur sampai kering, rengginang terlihat sederhana namun sangat enak di jadikan cemilan. Mungkin beberapa dari anda pernah mendapati dan juga kesal jika saat membuka kaleng biskuit malah menemukan makanan khas sunda ini di dalam nya dan bukan yang anda inginkan. Cara membuat rengginang ini pun cukup mudah, yaitu lumuri beras akik dengan garam dan bumbu halus, namun waktu menjemur nya saja yang memakan waktu yaitu 3-4 hari. Setelah selesai menjemur cukup goreng sampai kecokelatan. Jika anda ingin membeli makanan tradisional sunda yang renyah ini anda perlu mengeluarkan uang sekitar Rp.10.000 per 250gr untuk yang matang dan sekitar Rp. 15.000 per 500gr untuk yang mentah.

20.ย  Tutut : makanan tradisional sunda yang sederhana namun unik

makanan khas sunda
Tutut

Keong sawah atau yang biasa di sebut tutut sungguh nikmat untuk anda makan apalagi kalau di gulai dengan bumbu kuning. Bukan hanya enak namun juga makanan sehat tutut ini mengandung banyak gizi bagi tubuh salah satunya adalah menurunkan kadar kolesterol. Bumbu kuning yang biasa di pakai dalam tutut berbahan jahe, kunyit, kemiri, bawang merah dan putih yang mirip seperti bumbu gulai pada umumnya. Harga dari makanan khas sunda ini sangat terjangkau yaitu Rp.10.000-15.000 per kilo atau 1.000gr untuk tutut utuh mentah dan Rp.20.000 untuk seposi tutut matang yang sudah di masak.

Jadi bagaimana udah ngiler mau coba ngerasain makanan tradisional sunda di atas? Kapan mau icip-icip? atau kamu udah pernah coba salah satu nya? Sekian dari kita semoga artikel yang kami tulis ini bermanfaat untuk kamu mencari rekomendasi makanan khas sunda. Pantau terus website kami untuk lebih banyak informasi mengenai makanan khas daerah yang ada di Indonesia lainnya.